Tingkatkan Daya Saing, PD BPR LPK Garut Kota Berubah Nama Jadi PT. BPR Intan Jabar

Berdasarkan Perda Provinsi Jawa Barat No. 14 tahun 2006 dan Perda No. 30 tahun 2010 tentang Perubahan Perda No. 14 tahun 2006 tentang Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat (PD BPR) danLembaga Perkreditan Kecamatan, dilakukan perubahan bentuk badan hukum yakni dari Perusahaan Daerah (PD) menjadi Perseroan Terbatas (PT). Perubahan badan hukum tersebut tentu menjadi sebuah upaya untuk lebih meningkatkan daya saing usaha, koordinasi, efisiensi serta mengefektifkan pengawasan dan membantu Pemerintah Daerah dalam menggerakkan ekonomi kerakyatan atau sebagai motor penggerak ekonomi kerakyatan.

Demikian disampaikan H. Aam Muhammad, Direktur Utama PD BPR LPK Garut Kota yang kini telah berubah menjadi PT BPR Intan Jabar di kantor pusat bank bjb, Rabu (17/6/2015) lalu.

Menurut dia, bank bjb memiliki peran dalam mendorong BPR milik bersama (Pemprov Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten dan bank bjb) untuk maju dan tumbuh sehat melalui pembinaan teknis (pelatihan-pelatihan), penguatan permodalan dan pemberian kredit. Artinya, bank bjb senantiasa mendorong, membina dan membimbing agar PT BPR Intan Jabar dan yang lainnya menjadi BPR yang profitable, sehat, professional dan modern sekaligus sebagai motor penggerak bagi pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat.

Visi yang diemban PT BPR Intan Jabar, yakni menjadi BPR yang sehat, kuat dan terpercaya sebagai mitra strategis masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan. Misinya, bersama masyarakat meningkatkan taraf hidup dan perekonomian daerah menjadikan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Integritas, kompetensi, akuntabilitas dan transparansi (IKAT) merupakan nilai-nilai inti yang selalu dikedepankan,” papar Aam di ruang kerjanya, Kamis (25/6/2015).

Komposisi permodalan berdasarkan akta pendirian PT BPR Intan Jabar No. 47 tertanggal 11 Desember 2014 adalah, Pemprov Jawa Barat sebesar 20 persen dari modal dasar, Pemkab Garut sebesar 29 persen dan bank bjb sebesar 51 persen dari modal dasar.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.